Telp: 021 8267 8797

Terwujudnya pendidikan berbasis islamic worldview dalam membentuk pribadi berkarakter yang mampu menghambakan dirinya kepada Rabbul 'Alamin

Visi SMP Islam Dewan Da'wah

Kalender Sekolah 

« June 2019 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30

Pojok Manajemen

Pendidikan Berkarakter

‘Tidak wajar bagi seorang manusia yang Allah berikan kepadanya al-Kitab, Hikmah dan kenabian, lalu ia berkata kepada manusia, “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku, bukan penyembah Allah. Akan tetapi (dia berkata), “Hendaklah kamu menjadi orang-orang Rabbani, kerena kamu selalu mengajarkan al-Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (Q.S. Ali ‘Imran/3: 79)

Keberhasilan sebuah praktek tarbiyah dapat kita nilai dari perilaku nyata seseorang. Tak dapat dipungkiri jika dewasa ini kita menyaksikan pola tarbiyah yang benar-benar jauh dari hakikatnya. Tarbiyah merupakan metode yang tepat dalam pembentukan karakter individu, karena itulah Rasulullah SAW. benar-benar memperketat para shahabat dan generasi pertama muslim dari semua jenjang usia. Beliau menyucikan dan mengarahkan perilaku mereka sehingga memiliki akhlaq yang mendekati kesempurnaan. Syukur berlaksa pujian atas nikmat dan karunia nan agung ini.

Read more: Pendidikan Berkarakter

Yahya Baru

Pak Natsir berbicara :
"Akan Muncul ‘Yahya-Yahya’ Baru"

Majalah Panji Masyarakat, No. 582, 7-16 Dzulhijjah / 21-30 Juli 1988 memuat wawancara dengan Dr. Mohammad Natsir terkait kekhawatiran beliau akan minimnya kader-kader Da’i sebagaimana khawatirnya Nabi Zakaria terhadap keberlangsungan tugas Risalah dengan belum dianugerahinya keturunan (Nabi Yahya).

Read more: Yahya Baru

Nilai Ilahiyah Dalam Pendidikan

Beberapa waktu lalu, kita pernah mendengar berita yang cukup menggelikan, yaitu kasus Alif dan Ibunya, Siami, yang melaporkan kejadian contek masal saat Ujian Nasional di salah satu Sekolah Dasar di Surabaya, yang mengakibatkan keduanya dibenci oleh para tetangga dan orang tua murid lainnya. Bahkan, keduanya sempat diusir oleh para tetangganya karena melaporkan perbuatan contek masal tersebut.

Read more: Nilai Ilahiyah Dalam Pendidikan

Ikhlas Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu merupakan kewajiban seluruh kaum muslimin, dengannya Allah akan mengangkat derajat seorang muslim karena iman dan ilmu yang melekat padanya, sebagaimana firman Allah swt.

 “... niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan” (Al-Mujadilah/05: 11)

Read more: Ikhlas Menuntut Ilmu

Menuju Kurikulum SMP Harapan Islam

Kewajiban Menuntut Ilmu
Islam mendorong umatnya untuk menuntut ilmu. Allah SWT. menurunkan wahyu pertama dengan perintah membaca dan mengamati alam semesta untuk dijadikan sebagai stimulus pada pengenalan dan penghambaan terhadapNya. Dalam Al Qur’an Allah SWT. juga memperingatkan ummatnya untuk menjaga diiri dan keluarganya agar terhindar dari api neraka; “hai orang-orang beriman jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka”. (At-Tahrim [66] ayat 6 ). Ayat tersebut sering dijadikan dasar argumen akan pentingnya pendidikan, khususnya tarbiyah pendidikan keluarga (al-usrah). Demikian juga hadits-hadits nabi yang mendorong umat Islam untuk maju dan memperhatikan pendidikan sangat banyak, satu di antaranya sabda beliau SAW. “mencari ilmu adalah wajib bagi setiap muslim”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Read more: Menuju Kurikulum SMP Harapan Islam